Dalam iklan makanan koko krunch
KOKO DULU, BARU SEKOLAH...
Analisis dari segi psikolinguistiknya yaitu:
1. Struktur lahir
dan struktur batin
Struktur lahirnya berbunyi “koko dulu baru sekolah”. Dari kalimat itu
mempunyai struktur batin yaitu, sebelum berangkat ke sekolah anak-anak disuruh untuk
mengkonsumsi koko krunch dulu baru mereka bisa berangkat sekolah.
2. Proposisi
Kalimat Unit verbal Nomina
Koko dulu baru sekolah baru sekolah Koko dulu
Koko dulu sebagai predikasi, sedangkan baru
sekolah sebagai argumen. Proposisi pada kalimat ini memprediksi perintah mengkonsumsi koko krunch sebelum
berangkat sekolah.
3. Konstituen
I.
Konstituen merupakan satu kesatuan yang utuh
secara konseptual. Frase nomina koko dulu dalam slogan koko krunch ini memiliki
satu makna konseptual yang utuh karena frase ini dapat digantikan dengan
konstituen lain yang berupa hanya satu kata misalnya, nama produk makanan lain
seperti tanggo, garry, dan sebagainya.
II.
Pemotongan kelompok kata di luar konstituen akan
menggangu komprehensi kita. Misalnya,
A.
Koko / dulu baru / sekolah
B.
Koko dulu / baru sekolah
Dari (A) dan (B) di atas dapat kita rasakan bahwa
cara membaca pada (A) membuat kita
sebagai pendengar mengartikan kalimat
itu mempunyai makna bahwa koko
dulunya baru bersekolah, koko disini bisa diartikan sebagai nama orang atau
panggilan untuk kaka laki-laki (dalam bahasa cina). Sebaliknya pada (B) yang kita tangkap adalah
bahwa koko disini adalah koko krunch, nama produk makanan yang di
promosikan dalam iklan ini.
III.
Yang kita simpan dalam memori kita bukanlah
kata-kata yang terlepas dari konstituennya, tetapi kesatuan makna dari
masing-masing konstituen. Pada slogan iklan ini sepertinya tidak mungkin kita menyimpan informasi yang menyatakan
bahwa koko itu baru, karena baru yang dimaksud disini bukanlah kata sifat
melainkan suatu kata yang menggantikan kata lain yaitu “sebelum” jadi baru yang
dimaksud disini artinya sebelum.
4. Srategi
memahami ujaran
Faktor-faktor pemahaman dunia berperan disini.
Seseorang yang bisa memahami kata-kata ini mungkin hanya mereka yang tahu bahwa
kalimat ini adalah slogan dari iklan koko krunch, untuk mereka yang belum tahu
iklan koko krunch ini mungkin mereka akan beranggapan “sebelum berangkat
sekolah harus memakai baju koko dulu” atau bisa juga mereka mengartikan kata “koko” disitu
maksudnya “kaka” seperti dalam bahasa cina, sehingga mereka kesulitan untuk
memahami maksud dari kalimat itu.
5. Ambiguitas
Dari slogan “Koko dulu baru
sekolah” seseorang bisa beranggapan
apabila tidak mengkonsumsi koko krunch sebelum berangkat sekolah berarti ia
tidak boleh sekolah. Yang lainnya juga bisa beranggapan bahwa koko itu lebih
penting karena lebih dulu daripada sekolah.
6. Penyimpanan
kata
Ketika kita mendengar slogan ini
mungkin kedengarannya aneh, karena di indonesia yang di utamakan itu sekolah
sedangkan dalam kalimat ini seakan-akan menyuruh kita menomor duakan sekolah
dan mementingkan untuk mengkonsumsi koko krunch selain itu seakan-akan kita
juga diberi sanksi tidak boleh sekolah apabila tidak mengkonsunsi koko krunch.
Kata “sekolah” dalam pikiran masyarakat indonesia itu selalu menjadi kebutuhan
yang pertama jadi saat mereka mendengar slogan ini mereka akan merasa heran.
No comments:
Post a Comment